Bangga Produk Tjap Indonesia
August 08, 2018
source : pinterest.com
Tahun 2018 menjadi tahun yang sarat dengan
era digital. Era digital ini banyak membantu warga Indonesia dalam menjalankan
kehidupan sehari-hari. Segala kemudahan telah ditawarkan pada era ini. Tidak
perlu untuk pergi ke bank atau atm secara langsung untuk bisa mentransfer
sejumlah uang. Cukup nyalakan smartphone dan e-banking serta m-banking
dapat diakses dengan mudah. Ingin membaca berbagai referensi untuk menambah
pengetahuan tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan umum. Hanya perlu koneksi
internet dan mengakses e-library
menjadi pilihan yang menguntungkan. Segalanya didapatkan dengan mudah dan
cepat.
Begitu pula untuk membeli barang
kerbutuhan. Berbagai industri e-commerce
telah menjamur di Indonesia sehingga tidak ada lagi barang yang susah untuk
ditemukan. Mulai dari produk fashion, gadged,
sampai produk kecantikan berbagai merk tersedia di berbagai platform e-commerce. Maraknya industri e-commerce membuka peluang besar untuk
semua kalangan agar dapat menjajakan hasil karya dan juga produksinya. Barang impor
pun mulai banyak masuk ke Indonesia dan mudah untuk diakses dan di dapatkan.
Dibalik kemudahan yang disajikan oleh industri serba digital ini, ternyata
menimbulkan dampak yang tanpa disadari telah ditimbulkan. Apakah itu ?
PRODUK LOKAL MENJADI TAMU DI NEGERI
SENDIRI
source : pinterest.com
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Maraknya
e-commerce menyebabkan segala produk
dapat diakses dengan mudah. Mendapatkan produk yang hanya di produksi di luar
negeri pun bukan menjadi kemewahan lagi. Karena sejatinya lebih mudah
mendapatkan produk impor daripada produk dalam negeri sendiri. Mengapa hal ini
bisa terjadi ?
Pertama, produksi dalam negeri masih
banyak yang menggunakan cara pemasaran yang masih tradisional dan belum
memahami besarnya peluang menjajakan produk melalui dunia digital.
Kedua, banyak produk lokal yang sudah
berhasil memasuki dunia digital dalam marketingnya kurang menonjol dan masih
kalah gencar dengan produk impor. Padahal dari segi kualitas, produk lokal bisa
jadi lebih baik dengan harga lebih terjangkau. Namun karena kurangnya kemampuan
marketing produsen, menyebabkan produk dalam negeri kurang tidak dikenali
masyarakat Indonesia.
Ketiga, faktor yang satu ini menjadi faktor
yang paling berpengaruh terhadap eksistensi produk lokal di industri e-commerce atau online. Minat masyarakat
yang lebih tinggi terhadap produk impor. Tingginya minat terhadap produk impor
disebabkan salah satunya pola pikir bahwasanya mengenakan produk luar negeri
tentu lebih prestige dan terlihat
lebih “kekinian”. Pola pikir bahwa produk Indonesia berkualitas buruk, kalah
keren, dan kalah model membuat banyak masyarakat yang lebih memburu produk
impor. Apalagi didukung oleh banyaknya tokoh masyarakat dan juga idola yang sering
mengenakan produk luar negeri daripada mengusung produk anak bangsa. Fenomena ini
menyebabkan penjual dan pemilik platform jualan online akan lebih mengutamakan
barang-barang yang banyak dicari oleh masyarakat. Sehingga mereka
berlomba-lomba memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap produk impor dengan memperbanyak
produk impor , sehingga kuota produk lokal yang kurang diminati lama-kelamaan
akan berkurang bahkan hilang. Produk lokal mungkin tidak lagi dilirik.
BAGAIMANA CARA MENGATASINYA ?
Untuk mengatasi fenomena ini sebenarnya mudah namun dibutuhkan kemauan
dan dukungan dari segala pihak. Dimulai dengan membiasakan untuk membeli produk
lokal walaupun dimulai dari hal-hal kecil misalkan beras lokal, garam lokal,
baju batik, tas rotan, dan lain-lain. Kemudian berani untuk mempromosikan karya
anak bangsa kepada publik dengan cara yang menarik sehingga dapat menarik minat
lebih kepada produk lokal. Mempromosikan produk bisa dimulai dari orang-orang
terdekat seperti keluarga, teman, atau tetangga. Dengan langkah kecil seperti
itu, kita telah membantu Kemenperin untuk melaksanakan kampanye Peningkatan
Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang gencar dilakukan di Indonesia.
Mulai
mencintai produk lokal dengan mengakses platform jualan online yang menyediakan
produk-produk anak bangsa. Salah satu platform yang merupakan penyedia produk
lokal adalah qlapa.com yang merupakan market penjualan yang menjadi rumahnya
produk Handmade di Indonesia. Produk yang dijual tidak sembarangan dan teruji
kualitasnya tidak main-main. Segala jenis produk dapat ditemukan di qlapa.com
mulai dari hadiah, koleksi, lifestyle dan yang paling membanggakan, SEMUANYA
ADALAH PRODUK LOKAL!
source : qlapa.com
Qlapa
market hadir sebagai salah satu usaha dalam melawan produk impor yang menjamur
di Indonesia. Dengan menyajikan produk yang tidak kalah menarik dan berkualitas
maka diharapkan industri lokal dan homemade dapat lebih diminati dan dilirik
masyarakat Indonesia.
source : qlapa.com
source : qlapa.com
Tidak mau kan produk lokal hanya menjadi tamu di negeri
sendiri? Maka yuk mulai sekarang
lebih mencintai produk tjap Indonesia!
0 komentar