Bangga Produk Tjap Indonesia

August 08, 2018

source : pinterest.com


Tahun 2018 menjadi tahun yang sarat dengan era digital. Era digital ini banyak membantu warga Indonesia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Segala kemudahan telah ditawarkan pada era ini. Tidak perlu untuk pergi ke bank atau atm secara langsung untuk bisa mentransfer sejumlah uang. Cukup nyalakan smartphone dan e-banking serta m-banking dapat diakses dengan mudah. Ingin membaca berbagai referensi untuk menambah pengetahuan tidak perlu lagi pergi ke perpustakaan umum. Hanya perlu koneksi internet dan mengakses e-library menjadi pilihan yang menguntungkan. Segalanya didapatkan dengan mudah dan cepat.

Begitu pula untuk membeli barang kerbutuhan. Berbagai industri e-commerce telah menjamur di Indonesia sehingga tidak ada lagi barang yang susah untuk ditemukan. Mulai dari produk fashion, gadged, sampai produk kecantikan berbagai merk tersedia di berbagai platform e-commerce. Maraknya industri e-commerce membuka peluang besar untuk semua kalangan agar dapat menjajakan hasil karya dan juga produksinya. Barang impor pun mulai banyak masuk ke Indonesia dan mudah untuk diakses dan di dapatkan. Dibalik kemudahan yang disajikan oleh industri serba digital ini, ternyata menimbulkan dampak yang tanpa disadari telah ditimbulkan. Apakah itu ?


PRODUK LOKAL MENJADI TAMU DI NEGERI SENDIRI

source : pinterest.com

      Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Maraknya e-commerce menyebabkan segala produk dapat diakses dengan mudah. Mendapatkan produk yang hanya di produksi di luar negeri pun bukan menjadi kemewahan lagi. Karena sejatinya lebih mudah mendapatkan produk impor daripada produk dalam negeri sendiri. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Pertama, produksi dalam negeri masih banyak yang menggunakan cara pemasaran yang masih tradisional dan belum memahami besarnya peluang menjajakan produk melalui dunia digital.

Kedua, banyak produk lokal yang sudah berhasil memasuki dunia digital dalam marketingnya kurang menonjol dan masih kalah gencar dengan produk impor. Padahal dari segi kualitas, produk lokal bisa jadi lebih baik dengan harga lebih terjangkau. Namun karena kurangnya kemampuan marketing produsen, menyebabkan produk dalam negeri kurang tidak dikenali masyarakat Indonesia.

Ketiga, faktor yang satu ini menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap eksistensi produk lokal di industri e-commerce atau online. Minat masyarakat yang lebih tinggi terhadap produk impor. Tingginya minat terhadap produk impor disebabkan salah satunya pola pikir bahwasanya mengenakan produk luar negeri tentu lebih prestige dan terlihat lebih “kekinian”. Pola pikir bahwa produk Indonesia berkualitas buruk, kalah keren, dan kalah model membuat banyak masyarakat yang lebih memburu produk impor. Apalagi didukung oleh banyaknya tokoh masyarakat dan juga idola yang sering mengenakan produk luar negeri daripada mengusung produk anak bangsa. Fenomena ini menyebabkan penjual dan pemilik platform jualan online akan lebih mengutamakan barang-barang yang banyak dicari oleh masyarakat. Sehingga mereka berlomba-lomba memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap produk impor dengan memperbanyak produk impor , sehingga kuota produk lokal yang kurang diminati lama-kelamaan akan berkurang bahkan hilang. Produk lokal mungkin tidak lagi dilirik.

BAGAIMANA CARA MENGATASINYA ?

          Untuk mengatasi fenomena ini sebenarnya mudah namun dibutuhkan kemauan dan dukungan dari segala pihak. Dimulai dengan membiasakan untuk membeli produk lokal walaupun dimulai dari hal-hal kecil misalkan beras lokal, garam lokal, baju batik, tas rotan, dan lain-lain. Kemudian berani untuk mempromosikan karya anak bangsa kepada publik dengan cara yang menarik sehingga dapat menarik minat lebih kepada produk lokal. Mempromosikan produk bisa dimulai dari orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, atau tetangga. Dengan langkah kecil seperti itu, kita telah membantu Kemenperin untuk melaksanakan kampanye Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang gencar dilakukan di Indonesia.

     Mulai mencintai produk lokal dengan mengakses platform jualan online yang menyediakan produk-produk anak bangsa. Salah satu platform yang merupakan penyedia produk lokal adalah qlapa.com yang merupakan market penjualan yang menjadi rumahnya produk Handmade di Indonesia. Produk yang dijual tidak sembarangan dan teruji kualitasnya tidak main-main. Segala jenis produk dapat ditemukan di qlapa.com mulai dari hadiah, koleksi, lifestyle dan yang paling membanggakan, SEMUANYA ADALAH PRODUK LOKAL!




source : qlapa.com

          Qlapa market hadir sebagai salah satu usaha dalam melawan produk impor yang menjamur di Indonesia. Dengan menyajikan produk yang tidak kalah menarik dan berkualitas maka diharapkan industri lokal dan homemade dapat lebih diminati dan dilirik masyarakat Indonesia. 

source : qlapa.com

source : qlapa.com

Tidak mau kan produk lokal hanya menjadi tamu di negeri sendiri? Maka yuk mulai sekarang lebih mencintai produk tjap Indonesia!


You Might Also Like

0 komentar