What is Home ?

Desember 19, 2017





Sebagai seorang anak ABG yang baru mencicipi bangku perkuliahan banyak kata “homesick” yang dilontarkan teman –teman kita. Terutama teman dengan rumah yang terbilang sangat jauh dari tempatnya berada sekarang. Lalu apa itu homesick?

Menurutku, definisi Homesick adalah keadaan dimana kita merasa sangat rindu dengan rumah. Rindu dengan kamar kita, rindu dengan rutinitas kita di kampung halaman, rindu dengan keluarga, bahkan mungkin merindukan hal yang biasanya sangat kita benci, rindu diomelin ibu?
Berapa lama perasaan itu akan menetap ?
Perihal berapa lama perasaan itu menetap tergantung kepada cara kita mengatasinya. Kembali kepada judul postingan kali ini

Apa sih yang kamu sebut sebagai rumah ?
Tumpukan batu bata dan semen yang kamu tinggali sejak kecil? Ataukah tempat kamu menghabiskan waktu sehari-hari ? ataukah keluarga ?
Buatku rumah adalah dimanapun. Dimanapun tempat kamu merasa nyaman dan dimanapun kamu bisa beradaptasi. Well, biasanya orang yang sering homesick adalah orang yang terjebak pada zona nyaman terlalu lama dan dia nggak tau cara buat keluar. Dia merasa rutinitas ataupun temannya tidak seperti yang diharapkannya dan dia nggak mau susah-susah beradaptasi sama semua hal itu. Wajar memang jika homesick muncul di saat – saat pertama merasakan perkuliahan. Melihat jadwal yang begitu padat, teman yang nggak se solid waktu SMA dan kamu harus menjalankan pekerjaan yang biasanya dilakukan orangtuamu seorang diri misal mencuci,memasak, dan pekerjaan rumahtangga lain. Pasti butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan hal-hal yang baru itu. Tapi kalo homesick terlalu lama berarti salahnya berada pada subjek yang menjalaninya.

Gimana cara ngatasi semua hal itu ?
Aku sendiri bukan expert dalam mengatasi homesick padahal jarak rumahku tergolong deket dari kampus (hehe). Buatku pribadi cara mengatasinya adalah keep in touch sama orang-orang terdekat kita. sekarang kan teknologi udah maju tuh ada namanya video call bisa banget sih itu digunain. Selain itu bisa juga dengan cara ngejalanin hobi mu atau apapun lah yang membuat kamu jadi enjoy sama keadaanmu sekarang. Cari teman sebanyak banyaknya dan coba sampingin ego dan membaur sama mereka. Jangan ambil pusing semua hal. Ya jalanin aja. Just do it .

Keluarlah dari comfort zone karena kesuksesan itu ada di luar comfort zone (kalo kata quotes-quotes sih) and if everything getting harder don’t forget you always have God. Cheer up! You can do it. I mean , we can do it !

You Might Also Like

0 komentar