Introvert vs Extrovert

Juli 16, 2017

Sering kita dengar teman-teman kita mengucap
"Eh kamu Extrovert banget ya anaknya"
"Iyasih dia emang Introvert makanya susah di ajak gabung sama kita"
"Mereka tuh beda banget. Satu Introvert satu Extrovert. Kayak langit dan bumi deh"
Jadi apa kalian tau apakah Introvert dan Extrovert itu?
Introvert dan Extrovert merupakan jenis kepribadian pada manusia. Kepribadian tersebut kadang bisa nampak jelas dari perilaku kita sehari-hari, cara bergaul kita, bahkan dari selera musik kita

Let's talk about Extrovert first
Extrovert adalah kepribadian dimana seseorang dirasa atau merasa orang yang sangat terbuka dan dia biasanya punya banyak teman. Si Extrovert memiliki intensitas bicara lebih banyak dan biasanya orang yang sangat suka bergaul dan berada di keramaian. Mereka tidak merasa malu dan dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan mereka

Lalu, Introvert
Si Introvert biasanya adalah seseorang yang pendiam dan suka menyendiri. Mereka hanya memiliki beberapa teman dekat namun bisa dibilang pertemanan yang terjalin benar-benar pertemanan yang erat. Introvert lebih banyak adalah seorang pendengar yang baik daripada Extrovert yang lebih sering berbicara. Saat di keramaian mereka terkadang merasa kurang nyaman dan lebih menyukai suasana yang hening, sunyi, identik dengan perpustakaan? Begitulah

Manakah yang paling baik?
Banyak orang yang menganggap bahwa salah satu kepribadian tersebut lebih baik dari kepribadian yang lain dan menyesali atau bahkan berpura-pura menjadi salah satu kepribadian yang dianggapnya lebih baik padahal jelas ia tidak nyaman dengan hal tersebut
Well, memang benar ada dan aku pribadi sudah banyak mendengar curhatan lah ya beberapa teman yang menginginkan kepribadian yang bukan dia banget lah pokoknya
Dalam kasus temanku ini, dia adalah anak yang Introvert
Dia menganggapku (yang sering dicap sebagai Si Extrovert) memiliki kehidupan lingkar pertemanan yang seru 
Memiliki teman banyak, bisa kenal sana sini, gampang bersosialisasi, begitu mungkin?
Dan dia merasa dia tidak bisa melakukan hal yang sama karena menyadari bahwasanya dia bukanlah Si Extrovert
Ditambah lagi banyak orang yang memandang Si Introvert adalah buruk
"Kamu sih terlalu Introvert . Terbukalah sedikit biar kita bisa seru-seruan bareng"
"Jangan menyendiri terus lah kamu pendiam banget nanti gapunya teman banyak lho!"
Semakin ingin lah dia bertransformasi dari Si Introvert menjadi Si Extrovert
Jadi, apakah dia senang dengan berpura-pura dan melakukan kagiatan yang sebenarnya tidak dia inginkan? Tentu tidak!

C'mon guys 
Tidak ada kepribadian yang lebih baik daripada kepribadian yang lain
Miris memang kadang melihat fenomena seperti itu. Buat apa sih kita membohongi diri sendiri supaya sama dengan orang lain? Kita ya kita . Bukan orang lain
Rumput tetangga lebih hijau. Seperti itulah manusia selalu merasa kurang dan kurang padahal Tuhan sudah memberikan apa yang terbaik untuk kita
Masalah sebenarnya adalah ya itu. Karena kita nggak percaya diri 
Memangnya kenapa dengan menjadi Introvert? Kamu ngerasa nggak bisa bergaul dengan orang lain? Lingkar pertemananmu sedikit? Nggak hits? (alasan ter nggak masuk akal,ever)
Hey, kepribadian bukan alasan yang bisa membatasimu buat explore diri!
It doesn't matter what type are we
Yang perlu kita lakukan adalah mengembangkan apa yang kita punya dengan begitu ya kita akan bersinar sebagai diri kita sendiri. Bukan karena mencontoh orang lain
Ingin punya teman banyak? ya bergaullah! Meskipun mungkin lingkaran pertemananmu lebih sedikit yang paling penting kualitas pertemananmu. Jagalah hubungan baik dengan temanmu mungkin temanmu akan jadi batu loncatan untukmu mengenal lebih banyak teman lagi

Aku pun sebagai Si Extrovert (diketahui setelah ikut tes-tes kepribadian gitu hehe) kadang iri dengan orang Introvert yang bisa memiliki konsentrasi tinggi, betah diam saat pelajaran berlangsung, dan kebanyakan dari mereka adalah orang yang pintar dan selalu dapat ranking 
Tapi yasudahlah, pasti ada cara supaya aku bisa berkonsentrasi dengan baik seperti mereka meskipun harus dengan pembiasaan yang dibilang tidak mudah (belum berhasil sampai sekarang). Iri pun tidak ada gunanya karena keirian hanya menguras hati hahaha

Ya, Jadi itu tadi hanya sedikit curahan hati. Buat teman-teman yang punya kasus seperti temanku tadi, jangan minder atau gimana-gimana. Explore diri aja. Lakukan yang buat kamu nyaman
Karena tidak ada kepribadian yang lebih baik dari kepribadian lain. Tergantung orangnya aja gimana menyikapi dan pandai-pandailah bersyukur :)






You Might Also Like

0 komentar